Modul 4 - Statement Perulangan

| Minggu, 03 Desember 2017
MAKALAH
Modul 4
“STATEMENT PERULANGAN”
Disusun Oleh :
Idam Idzin Dimiati
20160910116
SI-2016-A

SISTEM INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN

KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Makalah ini telah selesai disusun tepat pada waktunya. Makalah praktikum ini bertujuan agar mahasiswa khususnya bagi saya sendiri mengenal lingkungan Bahasa Pemrograman 1 dan pembangunan aplikasi terhadap database. Pada makalah ini akan dijadikan acuan untuk kedepannya agar lebih bisa mengimplementasikan  segala hal yang ada di Bahasa Pemrograman 1 .  Adapun yang dipelajari mengambil dari berbagai sumber sehingga menjadi satu makalah yang insaallah bermanfaat bagi saya selaku penyusun dan orang lain  yang membacanya.
Demikianlah sebagai pengantar, Semoga Allah senantiasa melimpahkan Rahmat-Nya dalam setiap aktivitas yang kita kerjakan.
Aammiinn.
                                                                                                        Kuningan, 21 November 2017
                                                                                                        Penyusun,


                                                                                                        Idam Idzin Dimiati



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR................................................................................................ i

DAFTAR ISI............................................................................................................. ii



BAB I PENDAHULUAN............................................................................................... 1

A.    Latar Belakang...................................................................................................... 1
B.     Rumusan Masalah................................................................................................. 1
C.     Maksud dan Tujuan.............................................................................................. 1
BAB II PEMABAHASAN............................................................................................. 2
A.    STATEMENT PERULANGAN.......................................................................... 2
B.     Sekilas Tentang Perulangan Dalam Program JAVA............................................. 2
C.     Penjelasan For....................................................................................................... 3
D.    Penjelasan While................................................................................................... 4
E.     Penjelasan Do While............................................................................................. 5
F.      PRE TEST............................................................................................................ 6
G.    PRAKTIUM......................................................................................................... 7
H.    LAIHAN/POSTEST............................................................................................ 9
BAB III PENUTUP....................................................................................................... 11
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................................... 12


BAB I

PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Suatu konsep dasar pemograman java atau juga yang di sebut dengan PENGULANGAN adalah suatu cara untuk mengulang satu atau sekumpulan perintah sampai mencapai kondisi tertentu. Konstruksi for digunakan untuk melakukan perulangan terhadap baris kode tertentu dengan jumlah yang telah ditentukan. Untuk mencacah berapa kali perulangan dilakukan, diperlukan suatu variabel pencacah yang bertipe integer. Variabel tersebut akan bertambah nilainya setiap kali perulangan dilakukan. Konstrksi while digunakan untuk melakukan perulangan terhadap baris kode tertentu selama suatu kondisi terpenuhi. Jika kondisi sudah tidak terpenuhi, maka program akan keluar dari perulangan. Konstruksi repeat digunakan untuk melakukan perulangan sampai suatu kondisi terpenuhi. Berbeda dengan while yang melakukan pengecekan sebelum pengulangan dilakukan, pengulangan jenis repeat melakukan pengecekan kondisi setelah perulangan dilakukan.
B.     Rumusan Masalah
a.        Sekilas Penjelasan Perulangan/Louping Dalam JAVA ?
b.       Penjelasan For ?
c.        Penjelasan While  ?
d.       Penjelasan DO WHILE ?
C.     Maksud dan Tujuan
1.         Menggunakan struktur control perulangan (while,do-while,for).
2.         Menggunakan percabangan (break, continue, return).



BAB II
PEMBAHASAN
A.     STATEMENT PERULANGAN
Perulangan artinya mengulangi eksekusi blok program tertentu sampai tercapai kondisi untuk menghentikannya. Setiap perulangan memiliki emapat bagian yaitu inisialisasi, badan program, iterasi dan terminasi.
Java memiliki tiga macam bentuk perulangan :
1.      While
[initialization;]
      while (termination){
      body;
      [iteration;]
}
2.      do-while
[initialization;]
do{
      body;
      [iteration;]
} while (termination);
3.      for
for(initization; termination; iteration;){
      body;
}

B.     Sekilas Tentang Perulangan Dalam Program JAVA
Pada bahasa pemrograman java kita mengenal dua macam perulangan atau Looping, yaitu perulangan yang jumlah looping atau perulangannya sudah kita ketahui dengan pasti dan perulangan yang tidak kita ketahui jumlahnya. maksudnya adalah perulangan yang sudah kita tau dengan pasti berapa kali kita mau melakukan perulangan. sedangkan perulangan yang tidak pasti jumlah nya adalah kita tidak tau berapa kali perulangan tersebut akan terus berjalan atau menjalankan loopingnya.
misalnya dalam perulangan dalam java biasanya menggunakan for sedangkan untuk looping atau perulangan yang tidak kita tahu pasti jumlah loopingnya bisa kita gunakan jenis perulangan while , do - while.


C.     Penjelasan For
Struktur for pada umumnya  digunakan untuk melakukan pengulangan yang banyaknya sudah pasti atau sudah diketahui sebelumnya.  Dalam pengulangan for kita harus menentukan nilai awal pengulangan dan nilai akhir pengulangan. Pengulangan for tidak membutuhkan counter untuk menaikan variabel karena sudah disebutkan pada salah satu parameter pengulangan. Bentuk umum pengulangan for adalah sebagai berikut:
for (nilai inisialisasi awal; kondisi loop; iterasi;)
{
 //tubuh loop, statement yang akan diulang
}
           



Proses pengulangan akan terus dilakukan selama kondisi loop bernilai true. Dengan kata lain, proses pengulangan hanya akan dihentikan apabila kondisi telah bernilai false atau sudah tidak terpenuhi lagi. Pengulangan for biasanya menggunakan suatu variabel untuk mengendalikan berapa kali tubuh loop akan dieksekusi dan menentukan kapan loop akan berhenti. Variabel ini disebut juga dengan variabel kontrol.
Nilai inisialisasi awal merupakan variabel kontrol, proses inisialisasi nilai awal hanya akan dilakukan sekali saja. Iterasi berfungsi menaikan (increment) nilai variabel kontrol dan kondisi loop mengevaluasi apakah kondisi perulangan bernilai true atau false.
Contoh Program Pengulangan  FOR:
public class contoh_for
{
public static void main (String[]  args) {
System.out.println ("Pengulangan Dengan For Arah Indeks Naik");
for (int i = 1; i <= 5; ++i)
System.out.println("Indeks Naik ke = "+i);
System.out.println ("Pengulangan  Dengan For Arah Indeks Turun");
for (int i = 5; i > 0; --i)
System.out.println ("Indeks Naik ke = "+i);
}
}

D.    Penjelasan While
Pernyataan while adalah pernyataan atau blok pernyataan yang diulang-ulang selama kondisi -loop bernilai true. Sintaks untuk perulangan while adalah sebagai berikut:
while  (kondisi-loop)  {
//tubuh loop
statement-statement;
}
  








Setiap kondisi loop merupakan suatu ekspresi boolean yang mengendalikan tubuh loop. Kondisi tersebut dievaluasi untuk menentukan apakah tubuh loop di eksekusi atau tidak. Jika hasil evaluasi bernilai true, maka tubuh loop dieksekusi, sedangkan jika bernilai false, maka keseluruhan loop berhenti. Pernyataan (statement) dalam tubuh loop akan dieksekusi secara berulang.

Perhatikan contoh source code berikut ini:
int hitung  = 1; //variable hitung diinisialisasikan dengan nilai 1
while  ( hitung  <= 10 ) {  //kondisi-loop (hitung <= 10) dievaluasi, jika bernilai true
System.out.println  ("Mudah  Belajar Java");    //menampilkan kalimat "Mudah Belajar Java"
hitung  ++; //menambahkan variable hitung dengan 1
}  //jika kondisi bernilai false maka perulangan akan berhenti

Kesalahan pemrograman yang umum terjadi adalah loop tidak bisa berhenti atau yang biasa disebut dengan infinite loop. Yaitu kesalahan yang mengakibatkan program tidak bisa menghentikan loop karena kondisi loop selalu bernilai true.
Contoh source code di atas merupakan kondisi pengulangan yang tidak akan pernah bisa berhenti (infinite loop). Hal tersebut dikarenakan nilai hitung akan selalu bernilai <=10 (true).
 Contoh Source Code yang lain :
Source Code While:
int i = 6;
while(i < 5) {
System.out.println  ("Belajar  Java Itu Mudah");
i++;
}

Pada contoh diatas, blok pengulangan while tidak akan dieksekusi. Hal ini disebabkan nilai variabel i lebih besar dari 5 yang menyebabkan kondisi-loop tidak terpenuhi (bernilai false).
A.    Penjelasan Do While
Struktur perulangan do-while sebenarnya mirip dengan struktur perulangan while. Namun bedanya pada perulangan do-while ini, pemeriksaan kondisi-loop dilakukan pada akhir blok perulangan dan proses perulangan akan dilakukan minimal sekali meskipun ternyata kondisinya tidak terpenuhi (bernilai false).
Perhatikan contoh berikut ini:
int hitung  =1;//variable hitung diinisialisasikan dengan nilai 1
do {
//Tubuh Loop
Pernyataan di dalam (tubuh loop) akan dieksekusi terlebih dahulu. Kemudian kondisi loop dievaluasi.
Jika hasil evaluasi adalah true, maka tubuh loop dieksekusi kembali. Jika bernilai false maka pengulangan akan berhenti.
Contoh Source Code :
System.out.println(hitung  + " ");  //Statement yang berapada pada tubuh loop akan dieksekusi(menampilkan nilai variable hitung)
hitung++; //Kemudian menambahkan dengan 1 (hitung++)
} while (hitung  <= 10); //Kondisi-loop dievaluasi setelah tubuh loop dieksekusi, jika bernilai true maka tubuh loop akan kembali dieksekusi. Jika bernilai false maka perulangan akan berhenti.
Contoh Source Code yang lain :
Source Code Do-While:
int i = 6;
do {
System.out.println  ("Belajar  Java itu Mudah");
i++;
} while (i < 5);
Do-while melakukan pengecekan kondisi loop setelah mengeksekusi statement yang berada pada tubuh loop. Sehingga walaupun pada pengecekan kondisi loop bernilai salah (false) statement di dalam tubuh loop tetap dikerjakan.

B.     PRE TEST
1.      Jelaskan persamaan dan perbedaan dari tiga macam bentuk perulangan yang ada dilengkapi dengan contoh singkat!
Jawab :
Ada 3 jenis perulangan yang bisa digunakan yaitu :
1.      While
2.      Do-while
3.      For
Dari ketiga perulangan tersebut ada persamaan dan perbedaan. Persamaan Perulangan While dan Do While adalah hanya menggunakan 1 parameter. Meskipun demikian tetap menghasilkan perulangan yang sama dengan for yang menggunakan 3 buah parameter . Hal ini dikarenakan bagian inisialisasi dan modifiernya kita masukkan dalam baris program biasa sehingga hasil outputnya pun tetap sama dengan menggunakan for.
Adapun perbedaannya :

·        Perulangan For, program hanya akan menjalankan inisialisasi sebanyak satu kali kemudian akan dicek pada pernyataan kondisi, bila kondisi bernilai benar maka modifier akan dijalankan diikuti dengan pernyataan. Setelah itu program akan kembali melakukan pengecekan kondisi dan apabila masih bernilai benar akan dilanjutkan dengan menjalankan modifier dan pernyataan. Program akan berputar mengecek kondisi, modifier dan pernyataan. Lalu sampai kapan ? Tentunya sampai kondisi tidak terpenuhi atau bernilai salah. Makanya kita kadang menemukan program yang outputnya tidak berhenti karena perulanganya berjalan terus. hal itu disebabkan karena kondisi selalu bernilai benar.
·        Perulangan While, pada perintah While pengecekan dilakukan pada awal blok.
·        Perulangan Do While, Pengecekan dilakukan di akhir blok.
C.     PRAKTIKUM
Latihan 1
1.      Buat Project dengan nama Modul_04, tambahkan satu buah java class, beri nama Latihan_01.java dan lengkapi kode programnya seperti berikut :
package modul4;
import java.io.*;
public class Latihan_01 {
   public static void main(String[] args) throws IOException {
   BufferedReader br=new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
   int banyak;
System.out.print("Jumlah Pengulangan : ");
banyak=Integer.parseInt(br.readLine());
while(--banyak >= 0){
System.out.println(banyak+1);
}
         }   
}
Hasil run  : 


Latihan 2
1.      Tambahkan satu buah java class, beri nama Latihan_02.java dan lengkapi kode programnya seperti berikut :
package modul4;
import java.io.*;
public class Latihan_02 {
    public static void main(String[] args) throws IOException {
        BufferedReader br=new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
        int banyak;
        System.out.print("Jumlah Pengulangan : ");
        banyak=Integer.parseInt(br.readLine());
        do{
            System.out.println(banyak);
        }while(--banyak >= 0);
    }
}
Hasil run :

Latihan 3
1.      Tambahkan satu buah java class, beri nama Latihan_03.java dan lengkapi kode programnya seperti berikut :
package modul4;
import java.io.*;
public class Latihan_03 {
public static void main(String[] args) throws IOException {
BufferedReader br=new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
        int banyak;
        System.out.print("Jumlah Pengulangan : ");
        banyak=Integer.parseInt(br.readLine());
        for(int i=0; i<banyak; i++){
            if(i%2 > 0)
                continue;
                System.out.print(i); 
        }
    }
}

Hasil run :




A.    LATIHAN/POSTEST

1.      Buatlah program untuk menjumlahkan n buah data, dengan n merupakan masukan dari piranti masukan kemudian hitunglah rata-ratanya.
package modul4;
import java.util.*;
public class Latihan_04 {
    public static void main(String[]args){
        Scanner input=new Scanner(System.in);
       
        int data,nilai,rata=0,hasil=0,i;
       
        System.out.print("Masukan Jumlah Data : ");
        data=input.nextInt();
       
        for(i=0; i<data; i++){
            System.out.print("Masukan Nilai Ke-"+(i+1)+" = ");
            nilai=input.nextInt();
           
            rata+=nilai;
            hasil=rata/data;
        }
        System.out.println("Jumlah nilai adalah "+rata);
        System.out.println("Nilai rata-ratanya adalah "+hasil);
    }
}

Hasil run  :


1.      Buatlah program untuk menjalankan n buah data, tetapi yang dijumlahkan hanya data ganjil.
package modul4;
import java.util.*;
public class Latihan_05 {
    public static void main(String[]args){
        Scanner input=new Scanner(System.in);
       
        int data,nilai,jumlah=0,hasil=0,i;
       
        System.out.print("Masukan Jumlah Data : ");
        data=input.nextInt();
       
        for(i=0; i<data; i++){
            System.out.print("Masukan Nilai Ke-"+(i+1)+" = ");
            nilai=input.nextInt();
            if(nilai%2 != 0){
            jumlah+=nilai;
            }
        }
        System.out.println("Jumlah nilai adalah "+jumlah);
    }
}

Hasil run  :




BAB III

PENUTUP

A.    Kesimpulan
Suatu konsep dasar pemograman java atau juga yang di sebut dengan PENGULANGAN adalah suatu cara untuk mengulang satu atau sekumpulan perintah sampai mencapai kondisi tertentu. Konstruksi for digunakan untuk melakukan perulangan terhadap baris kode tertentu dengan jumlah yang telah ditentukan. Untuk mencacah berapa kali perulangan dilakukan, diperlukan suatu variabel pencacah yang bertipe integer. Variabel tersebut akan bertambah nilainya setiap kali perulangan dilakukan. Konstrksi while digunakan untuk melakukan perulangan terhadap baris kode tertentu selama suatu kondisi terpenuhi. Jika kondisi sudah tidak terpenuhi, maka program akan keluar dari perulangan. Konstruksi repeat digunakan untuk melakukan perulangan sampai suatu kondisi terpenuhi. Berbeda dengan while yang melakukan pengecekan sebelum pengulangan dilakukan, pengulangan jenis repeat melakukan pengecekan kondisi setelah perulangan dilakukan.




DAFTAR PUSTAKA
Modul Praktikum Bahasa Pemrograman 1 (2017), Kuningan, .Kom-UNIKU




0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲