Modul 1 - Pengenalan Java

| Kamis, 26 Oktober 2017

MAKALAH
Modul 1
“Pengenalan Java”

Disusun Oleh :
Idam Idzin Dimiati
20160910116
SI-2016-A



SISTEM INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN

KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Makalah ini telah selesai disusun tepat pada waktunya. Makalah praktikum ini bertujuan agar mahasiswa khususnya bagi saya sendiri mengenal lingkungan Bahasa Pemrograman 1 dan pembangunan aplikasi terhadap database. Pada makalah ini akan dijadikan acuan untuk kedepannya agar lebih bisa mengimplementasikan  segala hal yang ada di Bahasa Pemrograman 1 .  Adapun yang dipelajari mengambil dari berbagai sumber sehingga menjadi satu makalah yang insaallah bermanfaat bagi saya selaku penyusun dan orang lain  yang membacanya.
Demikianlah sebagai pengantar, Semoga Allah senantiasa melimpahkan Rahmat-Nya dalam setiap aktivitas yang kita kerjakan.
Aammiinn..

Kuningan, 26 Oktober 2017
Penyusun,

Idam Idzin Dimiati





DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.................................................................................... i
DAFTAR ISI................................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN............................................................................. 1
A.    Latar Belakang......................................................................................... 1
B.     Rumusan Masalah..................................................................................... 1
C.     Tujuan....................................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN.............................................................................. 2
A.    JAVA................................................................................................. 2
1.1 Pengertian Java............................................................................. 2
1.2 Sejarah Java.................................................................................. 2
1.3 Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Pemrograman Java............... 3
B.     NETBEANS dan SETTING PATH JAVA....................................... 5
2.1 Pengertian Netbeans..................................................................... 5
2.2 Bentuk Coding di Netbeans menggunakan Java.......................... 6
2.3 Cara setting path pada Java.......................................................... 8
2.4 Lampiran Postest........................................................................ 12
BAB III PENUTUP..................................................................................... 12
A.    Kesimpulan....................................................................................... 12
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................. 13


BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Bahasa pemrograman atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer adalah teknik komando/instruksi untuk memerintahkan komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Dengan banyaknya bahasa pemrograman yang ada saat ini, seperti bahasa pemrograman C, C++, python, perl, java dan ruby yang digunakan oleh perusahaan, maka bahasa pemrograman yang dinamis lebih banyak digunakan oleh para programmer dalam menjalankan aktifitasnya bahasa pemrograman berorientasi objek merupakan tujuan yang paling utama. Pentingnya bahasa pemrograman berorientasi objek sebagai media untuk membuat aplikasi yang akan dibuat seperti aplikasi website yang pada akhirnya akan berdampak positif pada seorang programer, tidak saja pada developer website itu sendiri yang mempunyai tujuan untuk mendapatkan keuntungan, tetapi juga bermanfaat positif bagi masyarakat sebagai pengguna.
Oleh karena itu bahasa pemrograman pada akhirnya harus mempunyai efisiensi yang baik dalam bahasa pemrogramanya, terutama dalam hal efisiensi coding. Adapun bahasa pemrograman yang akan dipelajari dan di fokuskan pada bahasa pemrograman Java. Java memang sudah tidak asing lagi karena perintah yang digunakan juga sama halnya dengan bahasa pemrograman C++.
B.     RUMUSAN MASALAH
     1.      Apa itu Java / Bahasa Pemrograman Java ?
     2.      Apa itu Netbeans ?
     3.      Bagaimana Cara Setting Java ?
C.     TUJUAN
     1.      Agar dapat memahami Bahasa Pemrograman Java
     2.      Melatih daya pikir dan logika
     3.      Menjadikan acuan awal untuk membuat sebuah program di akhir pembelajaran.

BAB II
PEMBAHASAN
A. JAVA
1.1  Pengertian Java
Java adalah sebuah bahasa pemrograman komputer berbasiskan kepada Object Oriented Programming. Java diciptakan setelah C++ dan didesain sedemikian sehingga ukurannya kecil, sederhana, dan portable (dapat dipindah-pindahkan di antara bermacam platform dan sistem operasi). Program yang dihasilkan dengan bahasa Java dapat berupa applet (aplikasi kecil yang jalan di atas web browser) maupun berupa aplikasi mandiri yang dijalankan dengan program Java Interpreter. Contoh program yang ditulis dengan bahasa Java adalah HotJava yang berupa sebuah web browser.
1.2  Sejarah Java
Bahasa ini resmi rilis pada tahun 1995, dan sebelum itu mengalami banyak perubahan sampai menjadi bahasa pemrograman yang utuh. Pada tahun 1991, dibentuknya suatu tim yang diberi nama “Green”. Tim ini dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling. Java sendiri dipelopori oleh James Gosling, Patrick Naughton, Chris Warth, Ed Frank, dan Mike Sheridan dari perusahaan Sun Microsystems, Inc yang merupakan bagian dari Oracle. Awalnya mereka ingin membuat suatu bahasa komputer yang dapat digunakan oleh TV kabel ( Cable TV Box) yang memiliki memori kecil dan setiap perusahaan memiliki tipe yang berbeda.
Untuk mengaplikasikan hal tersebut mereka menggunakan hal yang pernah dicoba oleh bahasa pascal. Mereka membutuhkan kurang lebih 18 bulan untuk membuat versi pertamanya. Pada tahun 1992 tim green membuat produknya yang diberi nama *7 (Star Seven), namun produk ini gagal dipasaran. Setelah itu dibuat produk yang baru yang menjadi cikal bakal Java, pada awalnya bahasa pemrograman yang dibuat tersebut diberi nama “Oak“ (Kemungkinan nama ini diambil dari nama pohon yang ada didepan jendela James Gosling), tapi kemudian diubah menjadi “Java” pada tahun 1995 karena nama “Oak” telah dijadikan hak cipta dan digunakan sebagai bahasa pemrograman lainnya.
Antara pembuatan Oak pada musim gugur 1992 hingga diumumkan ke publik pada musim semi 1995, banyak orang yang terlibat dalam desain dan evolusi bahasa ini. Bill Joy, Arthur van Hoff, Jonathan Payne, Frank Yellin, dan Tim Lindholm merupakan kontributor kunci yang mematangkan prototipe aslinya.

1.3  Kelebihan dan kekurangan menggunakan Bahasa Pemrograman Java
           a.       Kelebihan Bahasa Pemrograman Java :
1.      Multiplatform
Kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa platform / sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja. Dengan kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi (diubah, dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin / bytecode) sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa perubahan. Kelebihan ini memungkinkan sebuah program berbasis java dikerjakan diatas sistem operasi Linux tetapi dijalankan dengan baik di atas Microsoft Windows. Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS dan Sun Solaris. Penyebabnya adalah setiap sistem operasi menggunakan programnya sendiri-sendiri (yang dapat diunduh dari situs Java) untuk meninterpretasikan bytecode tersebut.
2.      OOP
OOP ( Object Oriented Programming ) , metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi, setiap bagian dari suatu permasalahan adalah objek. Objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil lagi.
3.      Library / Kumpulan Fungsi Lengkap
Java terkenal dengan kelengkapan library / perpustakaan (kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan perpustakaan ini ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang besar yang terus menerus membuat perpustakaan-perpustakaan baru untuk melingkupi seluruh kebutuhan pembangunan aplikasi.
4.      Bergaya C++
Memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman C++ sehingga menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java. Saat ini pengguna Java sangat banyak, sebagian besar adalah pemrogram C++ yang pindah ke Java. Universitas-universitas di Amerika Serikat juga mulai berpindah dengan mengajarkan Java kepada murid-murid yang baru karena lebih mudah dipahami oleh murid dan dapat berguna juga bagi mereka yang bukan mengambil jurusan komputer.
5.      Pengumpulan sampah / Pengaturan penggunaan memori
Memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang dipakai secara luas).
           b.      Kekurangan Bahasa Pemrograman Java :
1.      Tulis sekali, jalankan di mana saja
Masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform satu dengan platform lain. Untuk J2SE, misalnya SWT-AWT bridge yang sampai sekarang tidak berfungsi pada Mac OS X.
2.      Mudah didekompilasi
Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Hal yang sama juga terjadi pada Microsoft .NET Platform. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak/direverse-engineer.
3.      Penggunaan memori yang banyak
Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++ dan Pascal (lebih spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal). Biasanya ini bukan merupakan masalah bagi pihak yang menggunakan teknologi terbaru (karena trend memori terpasang makin murah), tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih harus berkutat dengan mesin komputer berumur lebih dari 4 tahun.
B. NETBEANS DAN SETTING PATH PADA JAVA
2.1 Pengertian Netbeans
Netbeans adalah sebuah aplikasi Integrated Development Environment (IDE) yang berbasiskan Java dari Sun Microsystems yang berjalan di atas swing. Swing merupakan sebuah teknologi Java untuk pengembangan aplikasi dekstop yang dapat berjalan pada berbagai macam platform seperti windows, linux, Mac OS X dan Solaris. Sebuah IDE merupakan lingkup pemrograman yang di integrasikan ke dalam suatu aplikasi perangkat lunak yang menyediakan Graphic User Interface (GUI), suatu kode editor atau text, suatu compiler dan suatu debugger.
Netbeans juga dapat digunakan progammer untuk menulis, meng-compile, mencari kesalahan dan menyebarkan program netbeans yang ditulis dalam bahasa pemrograman java namun selain itu dapat juga mendukung bahasa pemrograman lainnya dan program ini pun bebas untuk digunakan dan untuk membuat professional dekstop, enterprise, web, and mobile applications dengan Java language, C/C++, dan bahkan dynamic languages seperti PHP, JavaScript, Groovy, dan Ruby.
NetBeans merupakan sebuah proyek kode terbuka yang sukses dengan pengguna yang sangat luas, komunitas yang terus tumbuh, dan memiliki hampir 100 mitra (dan terus bertambah!). Sun Microsystems mendirikan proyek kode terbuka NetBeans pada bulan Juni 2000 dan terus menjadi sponsor utama. Dan saat ini pun netbeans memiliki 2 produk yaitu Platform Netbeans dan Netbeans IDE. Platform Netbeans merupakan framework yang dapat digunakan kembali (reusable) untuk menyederhanakan pengembangan aplikasi deskto dan Platform NetBeans juga menawarkan layanan-layanan yang umum bagi aplikasi dekstop, mengijinkan pengembang untuk fokus ke logika yang spesifik terhadap aplikasi.
Fitur fitur yang terdapat dalam netbeans antara lain:
  1. Smart Code Completion: untuk mengusulkan nama variabel dari suatu tipe, melengkapi keyword dan mengusulkan tipe parameter dari sebuah method.
  2. Bookmarking: fitur yang digunakan untuk menandai baris yang suatu saat hendak kita modifikasi.
  3. Go to commands: fitur yang digunakan untuk jump ke deklarasi variabel, source code atau file yang ada pada project yang sama.
  4. Code generator: jika kita menggunakan fitur ini kita dapat meng-generate constructor, setter and getter method dan yang lainnya.
  5. Error stripe: fitur yang akan menandai baris yang eror dengan memberi highlight merah.
2.2 Bentuk Coding di Netbeans menggunakan Java
             1.      Bentuk Umum
 


            2.      Contoh Program Sederhana
Coding :
package bentukumum;

public class BentukUmum {

    public static void main(String[] args) {
        int a=5,b=5;
       
        int c=a+b;
       
        System.out.println("Hasil dari penjumlahan "+a+" + "+b+" = "+c);
    }
   
}

 Output :

2.2 Cara setting path pada java
1.      Tampilan pertama sebelum di path
2.      Cara settingnya pertama buka windows explorer -> klik Local Disk(C) -> Program Files
3.      Klik Java -> jdk1.8.0_121 -> bin

4.      Klik satu kali lalu copy
 
5.      Setelah di copykan, kembali ke awal jendela explorer klik kana pada computer -> klik properties
6.      Klik System Advanced system setting
7.      Klik Environment Variabel
8.      Cari di system variabel path  C:\ProgramData\Oracle\Java\javapath;%SystemRoot%\system32;%SystemRoot%;%SystemRoot%\System32\Wbem;%SYSTEMROOT%\System32\WindowsPowerShell\v1.0\;C:\Program Files\Intel\OpenCL SDK\2.0\bin\x86;C:\Program Files\Common Files\Ulead Systems\MPEG;C:\Program Files\Microsoft SQL Server\110\DTS\Binn\;C:\Program Files\Microsoft SQL Server\110\Tools\Binn\;C:\Program Files\Microsoft SQL Server\110\Tools\Binn\ManagementStudio\;C:\Program Files\Microsoft Visual Studio 10.0\Common7\IDE\PrivateAssemblies\
 9.      Di ujung nama variabelnya tambahkan semi kolon ( ; ) lalu copykan url yang sudah di copykan

10.  Copy paste lalu pilih ok
 11.  Setting path sudah selesai, untuk mengecek sukses atau tidak bisa masuk ke CMD -> ketik javac
Path dianggap berhasil jika hasilnya seperti di bawah ini :
Path selesai program java sudah bisa di pakai...



     2.4  POSTEST
Coding Penyelesaian Studi Kasus :
Buatlah Project baru beri nama Postest_01 dan didalamnya buatkan 2 buah java class masing-masing dengan nama Latihan_01.java dan Latihan_02.java yang digunakan untuk menampilkan biodata anda yang terdiri dari NIM, Nama, Alamat, Email, dan Nomor HP. Buat tampilan di Console dan JOptionPane.
     1.      Console :
package posttes_01;
public class Latihan_01 {
   public static void main(String[] args) {
     System.out.println("NIM   : 20160910116");
     System.out.println("Nama  : Idam Idzin Dimiati");
     System.out.println("Alamat: Dusun Manis Rt10/Rw04 Desa Cipasung");
     System.out.println("Email    : Idamidzin@gmail.com");
     System.out.println("Nomor HP : 089532099569");
    }   
}
Output : 


      2.      JOptionPane :
package posttes_01;
import javax.swing.JOptionPane;
public class Latihan_02 {
    public static void main(String[] args) {
        String nim,nama,alamat,email,no;
        nim=JOptionPane.showInputDialog("Input NIM");
        nama=JOptionPane.showInputDialog("Input Nama");
        alamat=JOptionPane.showInputDialog("Input Alamat");
        email=JOptionPane.showInputDialog("Input Email");
        no=JOptionPane.showInputDialog("Input Nomor HP");
        String pesan="NIM    : "+nim+
                     "\nNama   : "+nama+
                     "\nAlamat : "+alamat+
                     "\nE-mail : "+email+"\nNo HP  : "+no;
        JOptionPane.showMessageDialog(null, pesan); 
    }   
}

Output :






 


BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Pada dasarnya bahasa pemrograman java termasuk ke dalam golongan tingkatan bahasa dengan level lebih tinggi dengan yang lainnya. Karena banyak kelebihan serta keunggulan Java di banding dengan yang lainnya, seperti dapat dijalankan pada berbagai platfrom sistem operasi, seperti;  Internet, Consumer, electronic product dan Computer Applications. Bahkan perkembangannya tidak hanya terfokus pada suatu sistem operasi saja, akan tetapi dikembangkan untuk berbagai sistem operasi dan bersifat open source.




DAFTAR PUSTAKA
https://catatansugengs.wordpress.com/sekilas-tentang-java/
http://natery.blog.widyatama.ac.id/2015/09/pengertian-dan-sejarah-bahasa-pemrograman-java/
http://arm2020.blog.widyatama.ac.id/2015/09/13/kelebihan-kekurangan-bahasa-pemrograman-java/
http://fahrun-it.blogspot.co.id/2013/05/pengertian-netbeans.html

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲