MAKALAH
Modul 1
“Pengenalan Java”
Disusun Oleh :
Idam Idzin Dimiati
20160910116
SI-2016-A
SISTEM INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji
dan syukur kehadirat Allah SWT, Makalah ini telah selesai disusun tepat pada
waktunya. Makalah praktikum ini bertujuan agar mahasiswa khususnya bagi saya
sendiri mengenal lingkungan Bahasa Pemrograman 1 dan pembangunan aplikasi terhadap
database. Pada makalah ini akan dijadikan acuan untuk kedepannya agar lebih
bisa mengimplementasikan segala hal yang
ada di Bahasa Pemrograman 1 . Adapun
yang dipelajari mengambil dari berbagai sumber sehingga menjadi satu makalah
yang insaallah bermanfaat bagi saya selaku penyusun dan orang lain yang membacanya.
Demikianlah sebagai
pengantar, Semoga Allah senantiasa melimpahkan Rahmat-Nya dalam setiap
aktivitas yang kita kerjakan.
Aammiinn..
Kuningan,
26 Oktober 2017
Penyusun,
Idam
Idzin Dimiati
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR.................................................................................... i
DAFTAR ISI................................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN............................................................................. 1
A. Latar
Belakang......................................................................................... 1
B. Rumusan
Masalah..................................................................................... 1
C. Tujuan....................................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN.............................................................................. 2
A.
JAVA................................................................................................. 2
1.1
Pengertian Java............................................................................. 2
1.2
Sejarah Java.................................................................................. 2
1.3
Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Pemrograman Java............... 3
B.
NETBEANS dan SETTING PATH JAVA....................................... 5
2.1
Pengertian Netbeans..................................................................... 5
2.2
Bentuk Coding di Netbeans
menggunakan Java.......................... 6
2.3 Cara setting
path pada Java.......................................................... 8
2.4
Lampiran Postest........................................................................ 12
BAB III PENUTUP..................................................................................... 12
A.
Kesimpulan....................................................................................... 12
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................. 13
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Bahasa pemrograman atau sering diistilahkan juga
dengan bahasa komputer adalah teknik komando/instruksi untuk memerintahkan
komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks
dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Dengan banyaknya
bahasa pemrograman yang ada saat ini, seperti bahasa pemrograman C, C++,
python, perl, java dan ruby yang digunakan oleh perusahaan, maka bahasa pemrograman
yang dinamis lebih banyak digunakan oleh para programmer dalam menjalankan
aktifitasnya bahasa pemrograman berorientasi objek merupakan tujuan yang paling
utama. Pentingnya bahasa pemrograman berorientasi objek sebagai media untuk membuat
aplikasi yang akan dibuat seperti aplikasi website yang pada akhirnya akan
berdampak positif pada seorang programer, tidak saja pada developer website itu
sendiri yang mempunyai tujuan untuk mendapatkan keuntungan, tetapi juga
bermanfaat positif bagi masyarakat sebagai pengguna.
Oleh karena itu bahasa pemrograman pada akhirnya
harus mempunyai efisiensi yang baik dalam bahasa pemrogramanya, terutama dalam
hal efisiensi coding. Adapun bahasa pemrograman yang akan dipelajari dan di
fokuskan pada bahasa pemrograman Java. Java memang sudah tidak asing lagi karena
perintah yang digunakan juga sama halnya dengan bahasa pemrograman C++.
B. RUMUSAN
MASALAH
1. Apa
itu Java / Bahasa Pemrograman Java ?
2. Apa
itu Netbeans ?
3. Bagaimana
Cara Setting Java ?
C. TUJUAN
1. Agar
dapat memahami Bahasa Pemrograman Java
2. Melatih
daya pikir dan logika
3. Menjadikan
acuan awal untuk membuat sebuah program di akhir pembelajaran.
BAB II
PEMBAHASAN
A. JAVA
1.1 Pengertian
Java
Java adalah sebuah
bahasa pemrograman komputer berbasiskan kepada Object Oriented Programming.
Java diciptakan setelah C++ dan didesain sedemikian sehingga ukurannya kecil,
sederhana, dan portable (dapat dipindah-pindahkan di antara bermacam
platform dan sistem operasi). Program yang dihasilkan dengan bahasa Java dapat
berupa applet (aplikasi kecil yang jalan di atas web browser)
maupun berupa aplikasi mandiri yang dijalankan dengan program Java
Interpreter. Contoh program yang ditulis dengan bahasa Java adalah HotJava yang
berupa sebuah web browser.
1.2 Sejarah
Java
Bahasa ini resmi rilis
pada tahun 1995, dan sebelum itu mengalami banyak perubahan sampai menjadi
bahasa pemrograman yang utuh. Pada tahun 1991, dibentuknya suatu tim yang
diberi nama “Green”. Tim ini dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling.
Java sendiri dipelopori oleh James Gosling, Patrick Naughton, Chris Warth, Ed
Frank, dan Mike Sheridan dari perusahaan Sun Microsystems, Inc yang merupakan
bagian dari Oracle. Awalnya mereka ingin membuat suatu bahasa komputer yang
dapat digunakan oleh TV kabel ( Cable TV Box) yang memiliki memori kecil dan
setiap perusahaan memiliki tipe yang berbeda.
Untuk mengaplikasikan
hal tersebut mereka menggunakan hal yang pernah dicoba oleh bahasa pascal.
Mereka membutuhkan kurang lebih 18 bulan untuk membuat versi pertamanya. Pada
tahun 1992 tim green membuat produknya yang diberi nama *7 (Star Seven), namun
produk ini gagal dipasaran. Setelah itu dibuat produk yang baru yang menjadi
cikal bakal Java, pada awalnya bahasa pemrograman yang dibuat tersebut diberi
nama “Oak“ (Kemungkinan nama ini diambil dari nama pohon yang ada didepan
jendela James Gosling), tapi kemudian diubah menjadi “Java” pada tahun 1995
karena nama “Oak” telah dijadikan hak cipta dan digunakan sebagai bahasa
pemrograman lainnya.
Antara pembuatan Oak
pada musim gugur 1992 hingga diumumkan ke publik pada musim semi 1995, banyak
orang yang terlibat dalam desain dan evolusi bahasa ini. Bill Joy, Arthur van
Hoff, Jonathan Payne, Frank Yellin, dan Tim Lindholm merupakan kontributor
kunci yang mematangkan prototipe aslinya.
1.3 Kelebihan
dan kekurangan menggunakan Bahasa Pemrograman Java
a.
Kelebihan Bahasa Pemrograman Java :
1. Multiplatform
Kelebihan
utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa platform / sistem
operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja.
Dengan kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan
dikompilasi (diubah, dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin /
bytecode) sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform
tanpa perubahan. Kelebihan ini memungkinkan sebuah program berbasis java
dikerjakan diatas sistem operasi Linux tetapi dijalankan dengan baik di atas
Microsoft Windows. Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft
Windows, Linux, Mac OS dan Sun Solaris. Penyebabnya adalah setiap sistem
operasi menggunakan programnya sendiri-sendiri (yang dapat diunduh dari situs
Java) untuk meninterpretasikan bytecode tersebut.
2. OOP
OOP ( Object
Oriented Programming ) , metode pemrograman yang berorientasi kepada objek.
Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan
mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi, setiap bagian
dari suatu permasalahan adalah objek. Objek itu sendiri merupakan gabungan dari
beberapa objek yang lebih kecil lagi.
3. Library / Kumpulan Fungsi Lengkap
Java
terkenal dengan kelengkapan library / perpustakaan (kumpulan program
program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam
penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan
perpustakaan ini ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang besar yang
terus menerus membuat perpustakaan-perpustakaan baru untuk melingkupi seluruh
kebutuhan pembangunan aplikasi.
4.
Bergaya
C++
Memiliki
sintaks seperti bahasa pemrograman C++ sehingga menarik banyak pemrogram C++
untuk pindah ke Java. Saat ini pengguna Java sangat banyak, sebagian besar
adalah pemrogram C++ yang pindah ke Java. Universitas-universitas di Amerika
Serikat juga mulai berpindah dengan mengajarkan Java kepada murid-murid yang
baru karena lebih mudah dipahami oleh murid dan dapat berguna juga bagi mereka
yang bukan mengambil jurusan komputer.
5. Pengumpulan sampah / Pengaturan
penggunaan memori
Memiliki
fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu
melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++
yang dipakai secara luas).
b.
Kekurangan Bahasa Pemrograman Java :
1. Tulis sekali, jalankan di mana saja
Masih ada
beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform satu dengan platform
lain. Untuk J2SE, misalnya SWT-AWT bridge yang sampai sekarang tidak
berfungsi pada Mac OS X.
2. Mudah didekompilasi
Dekompilasi
adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan
karena kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut
bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Hal yang
sama juga terjadi pada Microsoft .NET Platform. Dengan demikian, algoritma yang
digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak/direverse-engineer.
3. Penggunaan memori yang banyak
Penggunaan
memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat
tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++ dan Pascal (lebih spesifik lagi,
Delphi dan Object Pascal). Biasanya ini bukan merupakan masalah bagi pihak yang
menggunakan teknologi terbaru (karena trend memori terpasang makin murah),
tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih harus berkutat dengan mesin
komputer berumur lebih dari 4 tahun.
B.
NETBEANS DAN SETTING PATH PADA JAVA
2.1 Pengertian Netbeans
Netbeans adalah sebuah aplikasi Integrated Development
Environment (IDE) yang berbasiskan Java dari Sun Microsystems yang berjalan di
atas swing. Swing merupakan sebuah teknologi Java untuk pengembangan aplikasi dekstop yang
dapat berjalan pada berbagai macam platform seperti windows, linux, Mac OS X
dan Solaris. Sebuah IDE merupakan lingkup pemrograman yang di integrasikan ke
dalam suatu aplikasi perangkat lunak yang menyediakan Graphic User Interface
(GUI), suatu kode editor atau text, suatu compiler dan suatu debugger.
Netbeans juga dapat digunakan progammer untuk menulis,
meng-compile, mencari kesalahan dan menyebarkan program netbeans yang ditulis
dalam bahasa pemrograman java namun selain itu dapat juga mendukung bahasa
pemrograman lainnya dan program ini pun bebas untuk digunakan dan untuk membuat
professional dekstop, enterprise, web, and mobile applications dengan
Java language, C/C++, dan bahkan dynamic languages seperti PHP, JavaScript,
Groovy, dan Ruby.
NetBeans merupakan sebuah proyek kode terbuka yang sukses
dengan pengguna yang sangat luas, komunitas yang terus tumbuh, dan memiliki
hampir 100 mitra (dan terus bertambah!). Sun Microsystems mendirikan proyek
kode terbuka NetBeans pada bulan Juni 2000 dan terus menjadi sponsor utama. Dan
saat ini pun netbeans memiliki 2 produk yaitu Platform Netbeans dan Netbeans
IDE. Platform Netbeans merupakan framework yang dapat digunakan kembali (reusable)
untuk menyederhanakan pengembangan aplikasi deskto dan Platform NetBeans juga
menawarkan layanan-layanan yang umum bagi aplikasi dekstop,
mengijinkan pengembang untuk fokus ke logika yang spesifik terhadap aplikasi.
Fitur fitur yang terdapat dalam netbeans antara lain:
Fitur fitur yang terdapat dalam netbeans antara lain:
- Smart Code Completion: untuk mengusulkan nama variabel dari suatu tipe, melengkapi keyword dan mengusulkan tipe parameter dari sebuah method.
- Bookmarking: fitur yang digunakan untuk menandai baris yang suatu saat hendak kita modifikasi.
- Go to commands: fitur yang digunakan untuk jump ke deklarasi variabel, source code atau file yang ada pada project yang sama.
- Code generator: jika kita menggunakan fitur ini kita dapat meng-generate constructor, setter and getter method dan yang lainnya.
- Error stripe: fitur yang akan menandai baris yang eror dengan memberi highlight merah.
2.2
Bentuk Coding di Netbeans menggunakan Java
1.
Bentuk
Umum
2. Contoh
Program Sederhana
Coding :
package bentukumum;
public class BentukUmum {
public static void
main(String[] args) {
int a=5,b=5;
int c=a+b;
System.out.println("Hasil dari penjumlahan "+a+" +
"+b+" = "+c);
}
}
|
Output :
2.2
Cara setting path pada java
1. Tampilan pertama sebelum di path
2.
Cara settingnya pertama buka windows
explorer -> klik Local Disk(C) -> Program Files
3. Klik
Java -> jdk1.8.0_121 -> bin4. Klik satu kali lalu copy
5. Setelah di copykan, kembali ke awal jendela explorer klik kana pada computer -> klik properties
6. Klik System Advanced system setting
7. Klik Environment Variabel
8. Cari di system variabel path C:\ProgramData\Oracle\Java\javapath;%SystemRoot%\system32;%SystemRoot%;%SystemRoot%\System32\Wbem;%SYSTEMROOT%\System32\WindowsPowerShell\v1.0\;C:\Program Files\Intel\OpenCL SDK\2.0\bin\x86;C:\Program Files\Common Files\Ulead Systems\MPEG;C:\Program Files\Microsoft SQL Server\110\DTS\Binn\;C:\Program Files\Microsoft SQL Server\110\Tools\Binn\;C:\Program Files\Microsoft SQL Server\110\Tools\Binn\ManagementStudio\;C:\Program Files\Microsoft Visual Studio 10.0\Common7\IDE\PrivateAssemblies\
9. Di ujung nama variabelnya tambahkan semi kolon ( ; ) lalu copykan url yang sudah di copykan
10. Copy paste lalu pilih ok
11. Setting path sudah selesai, untuk mengecek sukses atau tidak bisa masuk ke CMD -> ketik javac
Path dianggap berhasil jika hasilnya seperti di bawah ini :
2.4 POSTEST
Coding
Penyelesaian Studi Kasus :
Buatlah
Project baru beri nama Postest_01 dan didalamnya buatkan 2 buah java class masing-masing
dengan nama Latihan_01.java dan Latihan_02.java yang digunakan untuk menampilkan
biodata anda yang terdiri dari NIM, Nama, Alamat, Email, dan Nomor HP. Buat tampilan
di Console dan JOptionPane.
1.
Console
:
package
posttes_01;
public class Latihan_01 {
public static
void main(String[] args) {
System.out.println("NIM : 20160910116");
System.out.println("Nama : Idam Idzin Dimiati");
System.out.println("Alamat: Dusun
Manis Rt10/Rw04 Desa Cipasung");
System.out.println("Email
: Idamidzin@gmail.com");
System.out.println("Nomor HP : 089532099569");
}
}
|
Output :
2.
JOptionPane
:
package
posttes_01;
import javax.swing.JOptionPane;
public class Latihan_02 {
public static
void main(String[] args) {
String
nim,nama,alamat,email,no;
nim=JOptionPane.showInputDialog("Input NIM");
nama=JOptionPane.showInputDialog("Input Nama");
alamat=JOptionPane.showInputDialog("Input Alamat");
email=JOptionPane.showInputDialog("Input Email");
no=JOptionPane.showInputDialog("Input Nomor HP");
String
pesan="NIM : "+nim+
"\nNama : "+nama+
"\nAlamat : "+alamat+
"\nE-mail : "+email+"\nNo
HP : "+no;
JOptionPane.showMessageDialog(null,
pesan);
}
}
|
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pada dasarnya bahasa
pemrograman java termasuk ke dalam golongan tingkatan bahasa dengan level lebih
tinggi dengan yang lainnya. Karena banyak kelebihan serta keunggulan Java di banding
dengan yang lainnya, seperti dapat dijalankan pada berbagai platfrom sistem
operasi, seperti; Internet, Consumer,
electronic product dan Computer Applications. Bahkan perkembangannya tidak
hanya terfokus pada suatu sistem operasi saja, akan tetapi dikembangkan untuk
berbagai sistem operasi dan bersifat open source.
DAFTAR
PUSTAKA
https://catatansugengs.wordpress.com/sekilas-tentang-java/
http://natery.blog.widyatama.ac.id/2015/09/pengertian-dan-sejarah-bahasa-pemrograman-java/
http://arm2020.blog.widyatama.ac.id/2015/09/13/kelebihan-kekurangan-bahasa-pemrograman-java/
http://fahrun-it.blogspot.co.id/2013/05/pengertian-netbeans.html
0 komentar:
Posting Komentar